Halo Pengunjung Yang Terhormat

Selamat Datang di Blog saya. Isi blog ini emang campur-campur. Ada tentang curhatan , artikel tentang suatu fakta, pemikiran, entertainment, dan sebagainya yang bisa pembaca baca-baca sendiri. Semoga ada manfaatnya ya....Semoga... :)

Kamis, 01 September 2011

ATM Emas diTurki


Ada ATM emas di Turki, saudara-saudara! Kayak apa ya maksudnya? Gimana bentuknya? Langsung aja baca ya….

Di Turki, tabungan emas sangat tinggi berkisar 200 juta-250 juta Liras Turki pada tahun 2007. Kemudian jumlahnya naik menjadi 1,2 milyar Liras. Dan kini tabungan emas yang ada di bank berjumlah lebih dari $2 miliar. What a Wow!

Bagaimana tidak, Kebutuhan nasabah akan emas semakin meningkat di Turki terutama untuk kelahiran, pernikahan dan berbagai  perayaan lain.
Dalam Hurriyet Daily News, Yilmaz mengatakan,“Ini sangat populer di Turki untuk menggunakan emas sebagai hadiah untuk bayi yang baru lahir, untuk pernikahan, untuk semua jenis perayaan.” Dalam sebuah jumpa pers, ia juga mengatakan, “Menurut perkiraan, lebih dari 10 persen tabungan nasional dalam bentuk emas.”

Atas dasar itu, untuk mempermudah transaksi nasabah  maka Kuveyt Turks (Bank Syariah di Turki yang dimiliki oleh Kuwait Finance House) telah menjual emas melalui ATM (automatic teller machines). Melalui ATM tersebut, pelanggan dapat membeli 1 gram dan 2,5 gram keping emas dari ATM. Layanan ATM emas saat ini hanya tersedia di cabang kantor pusat Kuveyt Turks, tapi diharapkan dapat menyebar ke 180 cabang di tahun berikutnya mengingat emas yang memiliki peran penting dalam investasi masyarakat Turki. Selain itu, ditargetkan dalam waktu satu bulan akan meng-upgrade mesin-mesin otomatis ATM.
Sementara itu, Osman Sarac selaku Kepala Istanbul Gold Exchange menyatakan bahwa diperkirakan pada bulan Desember, Turki memiliki sekitar 5.000 ton emas senilai $ 220 milyar pada harga saat ini.

Hmm… begitulah, seiring berkembangnya zaman dan teknologi, manusia lebih menyukai emas karena kecenderungan kestabilannya dalam perekonomian. Tapi ngomong-ngomong gimana ya kalau di Indonesia juga didirikan ATM emas?

Sumber : IBnews Eramuslim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar