Halo Pengunjung Yang Terhormat

Selamat Datang di Blog saya. Isi blog ini emang campur-campur. Ada tentang curhatan , artikel tentang suatu fakta, pemikiran, entertainment, dan sebagainya yang bisa pembaca baca-baca sendiri. Semoga ada manfaatnya ya....Semoga... :)

Sabtu, 03 September 2011

HANABI I Wanna See



HANABI. Inilah suatu event di Jepang yang sangat ingin aku ikuti. Kalu aku ke Jepang (amiin), pokoknya aku sama keluargaku kelak (hehe…) nggak boleh ngelewatin acara nonton bareng Hanabi ini. Entah kapan bisa kesana, tapi semoga terkabul, amiin.

Well, Hanabi merupakan sebuah  event yang merupakan acara tradisi tahunan di Jepang. Hanabi, artinya kembang api ( hana = kembang/bunga, bi =api). Acara ini biasa dilakukan pada musim panas yaitu sekitar bulan Juli sampai Agustus.
Lokasi peluncuran kembang api ini biasanya di tempat yang luas, bisa di dekat sungai, di dekat laut/pantai, atau bisa juga di dekat koen/taman luas. Karena baik masyarakat Jepang sendiri maupun orang-orang asing semuanya ingin menikmati Hanabi ini, maka tempat peluncuran sudah ramai sesak sejak beberapa jam sebelumnya. Maka seperti halnya nonton konser, para penonton sudah standby lengkap dengan tikar dan makanan dan memilih tempat yang nyaman.
Karena Hanabi merupakan pesta rakyat, maka rakyat Jepang biasanya menggunakan pakaian khas, yang perempuan pakai yukata da yang laki-laki pakai jinbei.
Kembang api yang diluncurkan berbeda-beda di tiap tempat. Ada yang 8000, ada yang 4500, dan lain-lain. Bentuknya pun juga beragam, dan biasanya sebelum peluncuran aka nada penjelasan kembang api apa yang akan diluncurkan. Ada yang bentuk bunga, ada yang bentuk binatang-binatang (ikan, singa, burung,dsb), ada bentuk hati, dan lain lain yang warnanya juga beragam.
Suasana semakin semarak saat Hanabi karena ada iringan musiknya juga. Hmm senangnya! Biasanya keluarga muda akan menonton bersama, dan anak-anak SMA biasanya akan pergi bersama teman-temannya atau pacarnya.
Apakah rakyat harus membayar? Oh tidak bisa!! Maksudnya tidak. Karena acara ini disponsori oleh perusahaan-perusahaan yang mau menyumbangkan sebagian keuntungannya. Dibuat juga jadwal pelaksanaan acaranya, dari tempat, jam, perusahaan yang menyumbang, juga berapa jumlah kembang api. Jadi, kita bisa memilih tempat yang kita suka.

 What a beautiful night, isn`t it? it will be more beautiful if we can see it with family we love.....

                                                                                                                                                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar