Halo Pengunjung Yang Terhormat

Selamat Datang di Blog saya. Isi blog ini emang campur-campur. Ada tentang curhatan , artikel tentang suatu fakta, pemikiran, entertainment, dan sebagainya yang bisa pembaca baca-baca sendiri. Semoga ada manfaatnya ya....Semoga... :)

Selasa, 30 Agustus 2011

Overview Tentang Hari Raya Idul Fitri

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. Laa ilaha illa Allah, wa Allahu akbar. Allahu akbar walillahi alhamd.

Ramadhan telah berakhir. Berganti dengan Syawal yang ditandai dengan ndahnya Hari 1 Syawal, hari yang memiliki nuansa khas keislaman, yakni Idul Fitri. Orang-orang berbondong-bondong untuk menuju masjid-masjid atau lapangan-lapangan dengan pakaian yang baru dan bersih, muka yang berseri, dan hati yang bersih pula untuk menuanaikan Salat Id. Halal bihalal pun dilakukan baik dengan keluarga maupun tetangga. Saling memaafkan semua kesalahan yang telah lalu untuk kemudian menjalankan kehidupan yang lebih baik.

Setelah itu, orang –orang kembali ke rumah untuk bersiap-siap berangkat mudik ke kampung halaman atau mengunjungi sanak saudara maupun ziarah kubur keluarga. Tak lupa melengkapi hari itu, menu special Lebaran, ketupat, opor ayam, gulai, dan kue-kue kering yang dimasukkan ke toples. Anak-anak kecil begitu girang mendapatkan salam tempel dari orang tua dan saudara-saudaranya.

Momen mudik ini juga merupakan ajang untuk bertemu keluarga jauh yang jarang sekali bertemu sehingga dapat meningkatkan keakraban keluarga. Biasanya tempat yang dituju untuk mudik/ tempat berkumpul adalah rumah orang yang disebut ayah atau ibu oleh orang tua atau yang dipanggil kakek atau nenek oleh anak. Mereka juga bisa bernostalgia dengan kampong halamannya. Ya, karena fitrah manusia adalah kembali ke tempat asalnya. Maka benarlah kalimat Inna lillahi wa inna ilaihi roji`un.

Walaupun untuk mencapai semua itu mereka harus berkorban harta, pikiran, dan tenaga. Entah dengan menaiki kereta,bis, pesawat terbang, angkot, motor maupun mobil. Apalagi kondisi jalanan yang penuh sesak, macet oleh panjangnya antrian kendaraan di jalanan. Beberapa kecelakaanpun terjadi. Bahkan tak sedikit yang merenggut nyawa.

Namun yang penting dari Idul Fitri itu adalah esensi atau makna yang terkandung di dalamnya.kembali menjadi pribadi suci yang setelah mengalami `training` selama satu bulan maka akan mengalami derajat peningkatan yang lebih baik lagi.

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. Laa ilaha illa Allah, wa Allahu akbar. Allahu akbar walillahi alhamd

Itu cerita tentang Hari Raya IdulFitri di negaraku, apa ceritamu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar